Sedikit Kisah tentang Pahlawan-KU

12342411_1130230620334961_7113939699323176879_n

Ada kalanya saya tidak menyukai sejarah. Karena sejarah memuat banyak nama, tanggal dan tempat yang harus dihapal. Bagi saya yang gampang melupakan nama orang, hal itu sangat melelahkan.

Tapi kemudian hal saya menyadari sesuatu. Sejarah harusnya tidak dilupakan begitu saja.

Beliau adalah -selalu saya mengatakan dengan bangga, kakek saya. Kapten Inf. (Purn) Soehada. Lahir di Sumedang 13 Mei 1930. Beliau selalu mengatakan kepada saya bahwa beliau hidup di tiga jaman. Jaman penjajahan Belanda, Jepang dan yang paling di banggakannya Republik Indonesia. Dulu ketika saya masih kecil, Beliau selalu melarang saya menonton film Barat atau Film China. Beliau adalah seseorang yang mencintai negeranya. Beliau adalah seorang yang bangga pernah berjuang meperebutkan tanah kelahirannya dari jajahan bangsa asing.

Beliau lulus dari sekolah setara SMP -lupa namanya apa, karena namanya pake bahasa Belanda. Lalu melamar menjadi TNI AD. Meniti karir dari bawah hingga jabatan terakhirnya menjadi Kapten Tentara Angkatan Darat Republik Indonesia. Beliau ingin sekali mempunyai anak atau cucu yang menjadi tentara. Tapi sayangnya cita-cita beliau tidak tersampaikan. (Mungkin nanti salah satu anak saya hahhaha… Insya Allah)

image

Ketika saya TK, saya masuk ke TK Kartika atau sering disebut TK kodim. Karena kakek saya seorang tentara atau karena TK tersebut ada mobil antar jemputnya hahaaa… Saya selalu memakai pakaian loreng ala-ala tentara ketika hari sabtu. dan ketika hari sabtu ada pelajaran di luar kelas.

Ketika saya masih TK dan melihat kakek saya datang, saya selalu berlari kearahnya sambil berteriak, “AKIII”. Dulu saya masih kuat di gendongnya.

Dulu cerita sebelum tidur saya adalah masa penjajahan. Aki senang bercerita tentang masa lalunya dan saya tidak menyukainya. Karena aki selalu mengulang cerita yang sama.

Setelah pensiun, Aki rajin ikut organisasi di Veteran. Beliau keluar dari Organisasi ketika sakit dan anak-anaknya melarang. Dan saya baru tahu setelah beliau meninggal, bahwa ia mendapatkan dana kehormatan setiap bulan dari Veteran, sebagai jasanya membela negeri dan tetap menerima gaji sebagai pensiunan ABRI.

Dulu Aki pernah menjunukan seragam tentaranya plus bintang-bintangnya. Beliau menyebutkan bintang apa saja dan peristiwa apa di baliknya. Saya tidak pernah ingat. Satu-satunya yang saya ingat bahwa Aki pernah ke Irian Jaya untuk mempebasan Irian Barat. Beliau pergi ke sana bersama anak ke limanya dan meninggalakan anak-anaknya yang lain serta anak bungsunya yang masih sangat kecil.

Beliau selalu senang ketika bercerita apa saja yang ada di Irian. bernostalgia. Mungkin jika beliau tahu saat ini Freeport, Tanah Irian yang ia bela malah jatuh ke tangan negara lain. Ia akan sangat kecewa.

Selain Pembebasan Irian, ada banyak cerita yang tidak saya ingat. Terkadang saya malah pura-pura mendengarkan cerita beliau.

Hari ini tepat 30 hari setelah kepergiannya. Saya kembali terdiam. Dari kecil saya tinggal bersama Kakek dan Nenek saya. Bahkan masa SMA Saya habiskan dengan tinggal bersama mereka.

Kata orang lain, aki itu galak. Sebagai purnawirawan beliau memang sangat tegas, kalau salah yah salah. Bagun harus subuh dan habis subuh tidak boleh tidur lagi. Tidak ada nonton sampai larut malam. Jam 9 Sudah masuk kamar dan tidur. Tidak ada keluar rumah selepas magrib dan aturan lainnya. Saya menurut? tentu saja tidak. Hahaaaaa…

Hal paling saya sukai adalah Tidur setelah Subuh… selagi masih ada sisa waktu sebelum mandi dan bersiap ke sekolah. Sekarang hal itu menjadi hal yang sangat rindukan. Kini tidak ada lagi orang yang memaksa saya bangun pagi, tidak ada orang yang menarik selimut saya, atau orang yang berteriak menyuruh tidur. Rumah terasa sepi.

Dulu ketika beliau masih hidup, beliau ingin di makamkan di Taman Makam Pahlawan. Tentu saja, karena beliau adalah salah satu pejuang yang pernah mengangkat pistol mengusir Belanda. Keinginan beliau tercapai… Beliau bisa berisirahat dengan tenang disana… Tapi bukan itu yang membuat saya terharu.

Adalah ketika saya membantu Uwa, memohon surat Janda untuk Enin. Membuat gaji Aki sebagai purnawiran TNI, jatuh ke tangan Enin dan Mendapatkan Uang Duka yang dulu di potong dari gaji Aki.

Dokumen-dokumen lama yang aki susun dengan sangat rapih. Aki termasuk orang yang sangat rapih menyimpan dokumen. Sehingga tidak menyulikan kami dalam mengurus persyaratan. Satu hal yang membuatku bangga adalah ketika melihat Sertifikat tanda jasa/bintang.

Aki berbintang Pahlawan, serifikat yang tertulis adalah bahwa aki pernah ikut dalam perang 10 November, dan perang-perang lainnya. Satu hal yang akhirnya membuat Enin mendapatkan gaji penuh aki selama satu tahun. Cerita yang dulu tidak pernah tahu. Mungkin dulu aki pernah cerita.

Saya sangat dekat dengan Aki, Mungkin saya adalah cucu perempuan yang paling dekat dengan beliau. Beliau selalu bercerita dan membagi rahasianya dengan saya. Satu hal yang selalu beliau katakan pada saya yaitu kemandirian. Tidak boleh meminta, kalau bisa memberi dan tidak bergantung dengan orang lain.

Hal itu bukan sekedar kata-kata, karena sampai akhir hidupnya, Aki adalah orang yang sangat mandiri, tidak hanya untuk dirinya sendiri tapi ia juga memikiran anak-anaknya dan istrinya. Ia memberikan tabungan yang ia kumpulkan untuk istrinya, sehingga istrinya bisa mandiri tanpa dirinya kelak, tidak hanya itu, ia juga bisa mengantarkan anak-anaknya menjadi orang yang sukses sehingga bisa mandiri, juga menjadi sumber inspirasi bagi cucu-cucunya.

Siapa yang tidak sayang pada Aki? Saya bangga dan sayang padanya. Pahlawanku… Semoga kita bisa bertemu lagi di Syurga-Nya.

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

“Alloohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa”.

Aamiin

 

Previous Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

GEENIES

국민 꼬마 요정 || National's ELF

Rainbows Romance

My EverlastingLove

chaaanycha

It's all bout Teuki

Pumpkin & Orange

MinNeul's Home

More than words

Keep the memories through the harmony of words—♪

Strawberry Room

Get the berry!

%d bloggers like this: